• 15 Juli 2021

Belajar sambil praktik smart farming melalui program Kebun KITA bagi komunitas Indonesia di Korea.

Kedutaan Republik Indonesia untuk Korea selatan membentuk sebuah program untuk mendorong kreatifitas dan keterampilan komunitas Indonesia dalam bidang pertanian. Program ini disebut “Kebun KITA (Komunitas Indonesia di Korea)” yang berlokasi di kota Ansan. Pembentukan program ini juga didukung oleh pemerintah kota Ansan dan juga Korea-Indonesia Management Advancement (KIMA).

 

Kebun KITA kedepannya diharapkan bisa menjadi wadah aktualisasi diri bagi para anggota komunitas yang ada di korea baik itu pelajar maupun PMI. Pada hari sabtu (10/05/21), Perwakilan KBRI Seoul dan Perwakilan komunitas berkunjung ke Kantor KIMA yang disambut oleh Prof Kim Kichan. Pada Kesempatan itu, Bapak Gogot Suharwoto selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Seoul bersama perwakilan KBRI lainnya juga mengunjungi lokasi Smart Farming yang telah dilakukan oleh pihak KIMA. Terlihat bagaimana sistem pertanian yang dijalankan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi.

 

Peningkatan sumberdaya manusia dibidang pertanian harus didukung penuh. Salah satu caranya bisa melalui penguasaan smart farming oleh calon petani milenial seperti pelajar Indonesia yang ada di Korea. Program Kebun KITA bukan hanya melibatkan para pekerja Indonesia di korea, program ini juga melibatkan mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh Pendidikan di bidang pertanian.

 

Program Kebun KITA juga diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan dan kolaborasi antar komunitas yang ada di korea untuk mengenal lebih jauh tentang smart farming. Sehingga saat Kembali ketana air nanti, ekosistem teknologi pertanian kita bisa lebih maju dan para petani bisa menggunakan pendekatan cara bertani terbaru dalam meningkatkan hasil produksinya.

 

KBRI Seoul terus berupaya untuk bisa menjalin kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak di Korea selatan seperti perusahaan, pemerintah daerah maupun stakeholder lainnya. Sehingga banyak warga Indonesia yang berada di Korea selatan mendapatkan manfaat dan bekal yang bisa dikembangkan di tanah air nanti melalui program program yang dihasilkan dari Kerjasama dan kolaborasi tersebut.